Kesra

Sebanyak 19.411 KK Masyarakat Asahan Terima Bansos Dari Kemensos RI

Kisaran,Sumut (Mediakomentar.com) – Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu dari Kementerian Sosial RI untuk membantu keluarga miskin, warga tidak mampu, dan atau kelompok rentan yang terkena dampak COVID – 19 di Kabupaten Asahan sudah mulai disalurkan sejak hari Rabu pekan lalu.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan Samsuddin SH kepada wartawan, Jumat (08/05/2020) menyampaikan perkembangan terakhir mengenai penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid – 19.

Dikatakannya, untuk bantuan sosial dari Kementerian Sosial yaitu BST sebesar Rp 600 Ribu telah disalurkan melalui kantor Pos dan Bank yang ditunjuk sejak hari Rabu tanggal 06 Mei 2020 kemarin. Bantuan dari Kementerian Sosial itu disalurkan kepad masyarakat miskin dan kurang mampu sesuai dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Sesuai dengan data yang ada jumlah masyarakat Asahan yang mendapat bantuan Kemensos RI tercatat sebanyak 19.411 Kepala Keluarga, ujar Samsuddin sembari menambahkan sedangkan bantuan sosial dari Pemprov Sumut terdata kuotanya sebanyak 63.768 KK yang penyalurannya direncanakan sebelum lebaran.

Sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Dra. Ratna Sari Dewi kepada wartawan menyampaikan bahwa jumlah warga Asahan yang mendapatkan bantuan dari Kemensos tercatat sebanyak 19.411 kepala keluarga (KK). Dan yang bakal menerima bantuan dari Pemprov Sumut terdata kuotanya sebanyak 63.768 KK.

Bantuan dari Kemensos yang akan diterima berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu yang bakal dikucurkan melalui Kantor Pos, BRI dan BNI. Sementara bantuan sembako dari Pemprov Sumut yang berasal dari APBD provinsi akan diterima warga sesusah bantuan Kemensos dikucurkan.

Disebutkan Ratna, Pemkab Asahan juga akan turut memberikan bantuan kepada warga yang terdampak pandemi covid – 19. Namun saat ini Pemkab masih melakukan pendataan terhadap masyarakat yang berhak menerima bantuan yang berasal dari APBD Asahan.(kr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *