Berita Utama

Polres Binjai Bersama Forkopimda Laksanakan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

MK I Kota Binjai-memasuki masa masa pemilu yang sudah mulai berjalan yang mana forkopimda kota binjai melaksanakan deklarasi pemilu damai tahun 2024 yang dilaksanakan dipendopo umar baki jalan veteran kelurahan tangsi kecamatan binjai kota pada jumat 20 oktober 2023 pukul 10.00 wib

Kegiatan deklarsi pemilu damai ini dibuka oleh kapolres binjai Akbp Rio Alexander Panelewen SIK sebagai bentuk tanda dimulainya kegiatan deklarasi pemilu damai tahun 2024 dipendopo umar baki untuk mendapatkan kesepakatan bersama demi menciptakan pemilu yang kondusif

Pada sambutannya kapolres binjai mengutarakan dalam amanatnya Dalam kesempatan ini kapolres binjai menyampaikan saat ini telah memasuki tahapan pemilihan umum legislatif , presiden dan wakil presiden tahun 2024, dalam menghadapi tahapan pemilu ini, Polri menyelenggarakan operasi Kepolisian terpusat dengan sandi ” Mantap Brata Toba tahun 2023-2024 ” yg dilaksanakan dari Mabes Polri , Polda Sumut dan satwil yg didukung oleh TNI, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Dalam rangka pengamatan tahapan pemilu tahun 2023-2024 akan dilaksanakan pengamanan selama 222 hari, terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara serta hasil penetapan Pemilu dan pengucapan sumpah janji Anggota DPR RI, DPD, DPRD serta pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden

Tujuan dari Operasi Mantap Brata ini adalah untuk terciptanya keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan pemilu tahun 2023-2024.

“Harapan Kapolres Binjai, setelah dilaksanakannya nanti Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, agar memegang komitmen agar Pemilu di Kota Binjai ini bisa berjalan aman dan damai, sukses dan lancar serta menolak segala bentuk hoax, ujaran kebencian Politisasi sara dan Politik uang, sesuai slogan Kota Binjai adalah Kota Religius dan Kota rambutan.

“Tak lupa walikota binjai Drs H Amir Hamzah MAP juga menyampaikan dalam sambutannya Pemilu tahun 2024 adalah tonggak bersejarah dalam perjalanan demokrasi bangsa indonesia. dalam proses ini masyarakat memiliki hak dan tanggung jawab untuk memilih para pemimpin yang akan memenuhi amanah rakyat. dengan kesiapan sebaik-baik pelaksana dan dukungan dari pemerintah, tni, polri dan lainnya, setiap tahap pemilu berjalan dengan lancar dan partisipasi masyarakat semakin meningkat.

“Deklarasi pemilu damai ini bukan hanya sekedar harapan pemerintah saja namun hal ini merupakan harapan semua masyarakat dan bangsa kita agar pemilu berjalan baik dan lancar sehingga nantinya dapat menghasilkan wakil maupun pimpinan negara ini yang betul-betul memenuhi harapan rakyat.

“Dengan momentum deklarasi ini, walikota binjai ingin mengajak seluruh instansi, partai politik maupun calon peserta pemilu di kota binjai untuk menyatukan tekad, niat secara bersama-sama guna menguatkan kembali stabilitas keamanan pelaksanaan pemilu 2024.

“Mari kita jaga kerukunan, saling mendengarkan dan saling mengedepankan nilai kompetitif dalam menjalani perjalanan menuju pemilu yang adil dan transparan
Diamana pada deklarasi pemilu damai 2024 ini bersama sama forkopimda berkomitmen menjaga kondisifitas pemilu yang aman,sejuk,langsung,bebas,rahasia,jujur dan adil dikota binjai.

“Kegiatan dilanjutkan dengan melaksnakan penandatangan deklarasi bersama seluruh forkopimda,partai politik,peserta pemilu,kpu dan bawaslu serta seluruh rangkaian kegiatan deklarasi pemilu damai tahun 2024 berjalan lancar,”tandasnya.

(Junaidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *